Study Ekskursi Teknik Telekomunikasi POLTEKOM

Study Ekskursi adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan  mahasiswa di bidang akademis dan juga non akademis, selain itu juga menambah wawasan mahasiswa di dunia industri.

Broadcasting, atau penyiaran radio dan televisi adalah media massa, alat yang dipakai untuk berkomunikasi dengan orang banyak. Distribusi program radio(audio) dan televisi (video) disampaikan dengan transmisi kepada pendengar dan penonton. Perkembangan jumlah stasiun radio dan televisi saat ini sangat pesat sehingga banyak pekerja kedua media ini yang tidak mengenyam ilmu broadcasting.

Di dalam teknik telekomunikasi broadcasting juga dipelajari. Oleh karena itu diadakan kunjungan ke ATV Batu diharapkan mahasiswa Teknik Telekomunikasi dapat memahami tentang dunia broadcasting dan perangkat yang digunakan untuk pemancar dan proses apa saja yang ada di dalam pengiriman data dalam dunia broadcasting dan pertelevisian.

Acara dimulai dengan briefing dan doa bersama oleh Kaprodi Teknik Telekomunikasi POLTEKOM. Mahasiswa berangkat ke ATV Batu dalam rangka kunjungan industry atau study ekskursi/ study tour. Di ATV, mahasiswa menjadi narasumber/ bintang tamu acara talkshow ATV dengan tema mahasiswa berprestasi dan menjelaskan tentang hasil karya/ produk Tugas Akhir dari mahasiswa Teknik Telekomunikasi itu sendiri.

Di samping itu, mahasiswa juga diperkenalkan dengan perangkat telekomunikasi yang digunakan pada stasiun televisi ATV. Mahasiswa diajak ke ruang transmitter, kemudian diajak berkunjung ke bagian master control,dll. Selain itu mahasiswa juga diajak ke bagian pemancar sehingga mengetahui perangkat dan antena yang digunakan untuk broadcast.

Setelah dari ATV Batu, mahasiswa dan dosen menuju cobanrondo untuk acara Family Gathering Program Studi Teknik Telekomunikasi. Kegiatan ini bertujuan untuk keakraban mahasiswa antar angkatan serta antara mahasiswa dan dosen, karena dalam acara ini dosen bisa sharing ilmu kepada mahasiswa dan dapat mengevaluasi mahasiswa program studi pada umumnya sehingga target luaran dapat tercapai. Semoga tahun depan ada program study ekskursi dan family gathering seperti ini lagi ya 🙂

DSC02836 DSC02840 DSC02858 IMG_20160202_113009 DSC02813