Program Kreativitas Mahasiswa

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah program yang  dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI)  dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Sub bagian PKM diantaranya: PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS).

Tahun 2013, 9 proposal PKM Poltekom lolos seleksi nasional dan didanai DIKTI untuk tahun pelaksanaan 2014 dimana 3 diantaranya merupakan kelompok PKM dari Prodi Teknik Telekomunikasi. Dari 9 judul PKM yang didanai tersebut, 1 judul lolos seleksi untuk mengikuti PIMNAS di Semarang.

Sedangkan untuk tahun 2014, sebanyak 13 proposal lolos seleksi Dikti dimana 3 judul berasal dari Prodi Teknik Telekomunikasi. Lagi-lagi Poltekom meloloskan 1 judul untuk mengikuti PIMNAS di Kendari bulan Oktober 2015.

Proposal PKM yang mendapat pendanaan dari DIKTI merupakan berkah tersendiri bagi mahasiswa. Dengan dana yang ada, mereka bisa menyalurkan kreativitasnya menjadi produk ataupun kegiatan nyata dan bermanfaat. Produk-produk yang dihasilkan terbukti unggul jika dibandingkan dengan produk mahasiswa yang lain. Dibawah ini merupakan beberapa contoh produk yang dihasilkan melalui PKM Prodi Teknik Telekomunikasi.

7c-1-Wendy

 PKM-KC 2015: ROMUSA (Robot Mata-Mata Unik dengan Sistem Kontrol Aplikasi Android)

PKM elektro

PKM KC 2014-TRAREFO MODEM FM MEBEL SEBAGAI ALAT TRANSMISI FIBER OPTIK

DSC00935

PKMK 2014-WIRAUSAHA HCN (HERBAL COLD NOODLE) SEBAGAI OBAT DAN JAJANAN RINGAN

DSC00932

PKM KEWIRAUSAHAAN 2014-STICK VEGE ONI-ONI (VEGETABLE ONION) UNTUK MAKANAN RINGAN

?